Enterprise Resources Planning

Ini adalah posting pertama gw di kategori work. Gw pingin menceritakan sedikit apa yang gw kerjain dikantor.🙂 Sebagai staf software enginner, sudah pasti kerjaan gw membangun sebuah sistem/aplikasi. Di kantor gw saat ini sedang membangun sebuat project, ERP. Project yang nilainya lumayan gede (bagi gw), baik itu dari sisi bugjet maupun buat portfolio gw. Project ini diprediksikan selesai dalam waktu tujuh bulan. Oiya, nama project itu sendiri adalah SMART.

Apakah itu SMART ?

SMART merupakan akronim dari System Management for Actual and Realtime Tracking”. Jadi SMART merupakan Aplikasi Komputer yang akan dikembangkan oleh oleh kantor gw dan akan digunakan oleh seluruh lokasi kantor cabang secara nasional. Konsep pada SMART yaitu One for All and All for One” yang artinya Satu Aplikasi komputer dipakai oleh semua lokasi cabang dan Semua kebutuhan kantor diwakili oleh satu Aplikasi Komputer. Dengan SMART nantinya, akan mempunyai satu standar dalam pelayanan dan standar aktifitas yang terukur.

Sistem Aplikasi yang Cerdas.

Sesuai dengan namanya SMART dalam Bahasa Inggris yang artinya Cerdas atau Pintar, maka aplikasi ini dibuat sedemikian rupa sehingga dapat membantu setiap aktivitas kantor dengan cerdas untuk mengolah, memproses dan membuat laporan serta analisa yang cerdas, dimana dapat memiliki informasi yang actual dan realtime sehingga dapat melayani masyarakat Indonesia dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan kebutuhan secara menyeluruh.

Keunggulan SMART.

SMART merupakan aplikasi Utama yang didalamnya dilengkapi dengan Modul-modul yang saling terkait dan memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kondisi dan departemen terkait. SMART nantinya merupakan aplikasi yang digunakan oleh seluruh Station Operation (STA) dimanapun berada di seluruh Indonesia. Kelengkapan feature dari SMART yang menjadikan aplikasi ini powerful yaitu dengan adanya Sistem Tools berupa alat komunikasi data dengan menggunakan Telephone Cellular sehingga konsep Automation, Actual dan Realtime terwujud, yang gunanya untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi data dan informasi.

skema

Modul2 tersebut diantaranya : Gates, Speedi, Logos, Memphis, Delvis, Customs dan Finish. Ada beberapa yang tidak gw sebutin disini, karena memang hanya sebagai pelengkap pada Aplikasi SMART. Yaitu System Tools dan manajement Report. Modul-modul tersebut akan gw ceritakan pada postingan yang berikutnya. Kebutuhan-kebutuhan akan aplikasi SMART sendiri, seperti dokumentasi design, CDM dll sudah selesai alias final. Jadi gw ama temen2 gw tinggal masuk dalam tahap development. Mulai Agustus bulan depan, Insya Allah tahap development akan segera dimulai. dari sekian banyak modul dari SMART, gw kebagian membuat modul, LOGOS, SPEEDI dan sedikit manajement report.

–to be continued–

Leave a Reply

