Perbedaan Vario dengan Skywave

Lagi pingin cerita tentang motor nih.. secara motorku Vario, hehehe… dan tetangga ada yang make skywave. jadi saling nyeritain dech kehebatan masing2 motor. setelah muter2 di internet, dapat dech perbandingan antara Vario dan SkyWave. Honda Vario Mulai dari pijakan kaki. posisi kaki boncenger cukup enak. posisi kaki rider saat turun kaki juga pas, nggak ketinggian atau kerendahan. tinggiku kisaran 175 cm. pada bagian dek, memang terasa agak sempit. kaki dipaksa agak rapet gitu .. tapi masih tollerable lah. yang paling saya suka dari honda vario adalah … riding position-nya yang nyaman. coba deh. tarikan awal cukup responsif.

Sayang tenaga cenderung ‘habis’ begitu ada di rpm tengah. beda dengan sengatan tenaga mio yang rasanya lebih rata di setiap rpm. keunggulan vario lagi, minim getaran. jauh beda dengan honda bebek. setang rasanya ajeg, sekalipun kita baru mulai bergerak (dimana biasanya vibrasi mesin timbul). boleh jadi hal ini karena letak mesin vario yang dibelakang. untuk bagian body, vario selamat dari kutukan honda yang biasanya bermasalah di batok lampu. plastik bodi di sana cukup alot. sedikit ‘cemen’ di bagian lidah lampu belakang yang kerasa tipisnya. mesti diakali dengan menaruh sedikit peredam seperti karet ban di sela-sela lampu belakang dan lidah lampu di atasnya supaya tidak kelewat berisik. di luar itu semua, tampilan vario jelas berkelas. sedikit kedodoran di lampu belakang yang jelek, tapi agak terselamatkan oleh bentuk behel-nya yang serasi dengan lampu belakang.

Vario mengusung cukup banyak masalah waktu edisi perdananya. sokbreker depan kerap bletak-bletak saat jalanan tak rata. diakali dengan menambah oli sok depan, bolak-balik spring di dalam tabung sok .. masih belum menyelesaikan masalah. ada yang bilang pake spring honda karisma, tapi katanya lagi kelewat keras. masalah lain ada di rem yang kurang pakem, berisik di sektor roda belakang, stater mesin yang bletak dan lain sebagainya. tapi karena honda vario merupakan anak emas AHM, AHM sendiri serius banget memperbaikinya. mestinya, vario era sekarang sudah jauh lebih baik.

pastilah… makanya aku beli..😀

Suzuki SkyWave Saya pernah liat waktu di pameran. skywave memang cukup eksklusif, at least itulah kesan yang muncul pertama kali melihatnya. bentuk tebeng depannya cukup provokatif karena tidak lazim, tapi itu uniknya. menganut sistem dobel sokbreker di bagian belakang, membuatnya seperti yamaha nuvo. redamannya cukup empuk dan tidak menonjok perut. bagian lain dari skywave yang provokatif adalah karburator yang dipasang miring. sori, kalo box filter di taruh di atas cover cvt bagi saya itu barang lama.

Kymco udah bosen pake model begitu. enaknya sistem filter box di luar begini, gampang bersihinnya. nah, posisi karbu si skywave ini memudahkan mekanik or kita untuk menyetelnya. sayangnya, hal ini juga bisa mengundang tangan iseng karena letaknya memang cukup terbuka. hmm …… skywave memiliki bagasi yang luas. sanggup menelan helm full face meskipun meski dimiringkan agar dapat masuk. sayangnya, di dasar bagasi skywave, tidak terdapat lubang. jadi bayangin kalo tuh bagasi kemasukan air …. mungkin bisa buat mandiin anak *annoy* tapi hal begini sih, soal kecil. tinggal bolongin aja dasar bagasinya, beres deh.

Skywave juga memiliki tempat bagasi mungil di kompartemen depan. bentuk deknya yang bertulang (underbone) membuat kaki tak dapat bertemu. ketika saya coba naiki,  posisi kakinya lumayan lapang meski terganjal tulang underbone itu. joknya sepertinya agak sedikit keras ketika ane tekan dengan tangan. suzuki tak pelit untuk fitur. skywave sudah menggunakan lampu belakang sistem led seperti halnya suzuki new shogun 125. bentuk sepatbor belakang skywave juga ciamik. menutupi lebih dari setengah tinggi buntut motor, rasanya tak bakalan membuat air nyiprat ke badan pengendara or boncenger. soal tarikan, menurut info cukup asyik dibetot. 100 kpj mah kecil diraih. sayangnya, skywave didera masalah ngorok yang membuat kenyamanan telinga terganggu. So.. menurut pribadiku, Vario masih jauh lebih unggul…😀

10 Responses to “Perbedaan Vario dengan Skywave”

  1. rider Says:

    “…So.. menurut pribadiku, Vario masih jauh lebih unggul…”
    klo pendapat saya pribadi lbh unggul skywave:
    1. Mesin 125CC
    2. Sok breker belakang ada 2 (lbh stabil & empuk)
    3. irit, 1:35 – 1:40
    4. > 50 kmh suaranya hening & nyaman dikendarai.
    5. velg pk ring 16″
    6. Model exclusive..
    7. Saat distater gak berisik, langsung greng!
    8. Bagasi Luas, jarang gantungin blanjaan di centelan depan.
    9. Jok lebar & panjang, gak sempit buat boncengan 3 org.
    5. Buka jok jd satu ama kunci depan.

    dan dari poin2 diatas, ternyata skywave harganya lbh murah dr Vario….tanya ken…napa?

    trus unggulnya Vario dimana?😀

  2. skywave rider Says:

    vario unggul di harganya yg lebih mahal. haha.

    jaman gini masih beli motor AHM? yg boneng aja😀

    kecuali tiger emang masih berkelas dari dolo🙂

  3. wan abud Says:

    ha ha … mungkin kalau yg airblade inject datang baru bisa ngalahin sw !!

  4. noryahya Says:

    @semua diatas gw..

    hehehhe
    ya mending vario lah..
    AHM gitu lho…

    gw kan make vario…😀

  5. graber Says:

    @kabehan

    kalo giru jadinya gw beli skywave aja deh abis lebaran ini ..
    klop !!

  6. ary Says:

    gw lg nunggu kiriman Skywave NR. Gw gak “merk minded”, sblmnya pernah make honda gl pro neotech. utk kondisi skrg khusus matic, pilihan cm ke merk honda atau suzuki, krn yamaha cm ada mio, yg sejak awal muncul sptnya blm ada perubahan yg berarti. gw liat beat & spin kekecilan, trus ada lg skydrive, bodynya kayaknya ketebalan, kurang sporty. trus lanjut ke vario, yg techno keren tp terlalu mahal buat matic 110 cc, walaupun technologinya dah bagus, tp buat gw yg makenya cm hari libur aja, kayaknya gak terlalu ngaruh. pilihan tinggal vario & skywave. gw baca2 di internet & dengerin komentar teman2 & ngeliat kondisi gw, akhirnya gw pilih skywave nr, dgn alasan banyak keuanggulan dibanding vario, spt yg sdh diurai oleh teman di atas. bentuknya sporty, 125 cc, shock blkg ganda plus diameter velg lebih besar, lebih stabil, empuk & bertenaga, cocok buat kondisi tempat tinggal gw yg jalannya banyak yg blm bagus dan agak banyak tanjakan. khusus yg nr gw suka tampilannya, & yg pasti bandrolnya msh lebih murah dr vario, apalagi akhir thn begini dpt potongan DP & bebas angsuran 2 bln (krn gw ambil cicilan 2 thn). so, spt yg gw sebut diatas, gw pilih motor bukan krn merk, tp berdasarkan spek, tampilan, kemudahan pembiayaan, kondisi kantong & kondisi tempat gw tinggal. menurut gw, skywave yg paling masuk akal….

  7. Teddy Says:

    wah..klo gw sih mendingan pake VARIO, irit BBM, perawatan gek rewel, trus harga jualnya gak ancur2 amat kyk merk lain … klo bosen ya jual , trus beli lagi deh product AHM lainnya ..

  8. afan Says:

    klo mikir di jual lagi mending vario/ tapi klo saya tetap skywave untuk selamanya,karena kita tidak biasa jual rugi,sepeda motor saya skywave juga sudah ditawar teman thn 2009 13,5jt blom saya kasikan karena KM masih 5km

  9. kahae Says:

    sy heran waktu pulang kampung lewat pantura.tecno sy utk imbangi kecepatan skywave ko ga bisa.knp y?padahal sm2 125cc.

  10. lingga Says:

    Mening skywave lah . dimesin emang vario menang tapi tampilan dan cc skywave menang dan itu jelas dari ban depan sampe ban belakang yang lebih unggul skywave . buat shockbreker udah jelas harus ganda ! Coba liat vario masih banyak body body yang bolong yang dilihatnnya kurang menarik . tapi saya kagum sama kecanggihan vario sekarang udah macam mobil aja-_-


Leave a Reply

