Gaji TI di Indonesia

Semakin luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk bekerja di perusahaan, instansi pemerintah, swasta dan asing di era globalisasi ini.

Menurut Edi Tjahya, managing director JOBsDB, terdapat beberapa bidang pekerjaan TI yang peluangnya cukup besar, seperti system analyst, network engineering, programmer, dan web designer. Beberapa posisi di bidang TI tersebut yang lowong bisa diisi, asal dengan bekal pengetahuan dan skill based yang memadai. Di bawah ini akan dipaparkan sejumlah posisi beserta salarynya tersebut :

JUNIOR PROGRAMMER
Meski tidak semua, cukup banyak lulusan ilmu komputer yang memulai karirnya dari sini. Yang umum dicari adalah pemrogram untuk Java, C++ dan Visual Basic, sedangkan web programmer yang sering dibutuhkan adalah mereka yang menguasai bahasa HTML/XML, PHP, ASP, Cold Fusion. Untuk lowongan database, meski saat ini banyak program yang masih memakai bahasa Delphi, namun umumnya programmer yang mengusai bahasa SQL lebih disukai.

Modal: Sarjana (S1) atau diploma di bidang Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Komputer atau Sistem Informasi. Umumnya tidak memerlukan kualifikasi tambahan, karena yang lebih diutamakan adalah pengetahuan akan suatu bahasa pemograman. Idealnya, Anda memiliki pengalaman kerja satu-dua tahun, atau setidaknya pernah membuat program-program yang dapat dijalankan, dalam skala besar/kecil.

Gaji per bulan: untuk pemula, sekitar Rp 3 juta.

Peluang saat ini : Lapangan kerja untuk programmer cukup banyak, mulai dari perusahaan pengembang software sampai ke perusahaan konsultasi database. Database programmer atau system programmer masih banyak dicari.

Prediksi: Para programer masih tetap akan dibutuhkan keterampilannya di bidang lain, seperti desain web, analisis sistem, maupun pengembangan software.

SYSTEM ANALYST
System analyst adalah orang yang tugasnya menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan dalam suatu perusahaan/organisasi. Ia dituntut mengenal mulai dari apa yang diminta oleh klien (system definition), pengerjaan database-nya (system implementation), hingga ke pengenalan hardware. Kemampuan untuk budgeting (menghitung anggaran) yang akan dipakai dalam pengerjaan sistem juga penting. Dalam praktek, system analyst dan programer bekerja bersama. System analyst mendesain dan menganalisis sistem, dan programmer yang akan membuat kode-kodenya. System analyst juga memiliki tugas yang hampir sama dengan project manager, hanya tentunya dalam skala yang lebih permanen.

Modal: Lulusan S1 bidang Sistem Informasi, Manajemen Informatika atau Teknik Informatika. Berpengalaman sekitar dua tahunan atau pernah membawahi suatu proyek atau pengerjaan sistem. Jarang yang meminta sertifikasi vendor, meskipun tentunya akan merupakan nilai plus bila anda memilikinya.

Gaji per bulan: Sekitar Rp 6 juta.

Peluang saat ini: Perusahaan berskala besar di bidang apa saja (misal: multimedia, perbankan, kosmetik, rokok) membutuhkan tenaga system analyst, mengingat setiap klien menginginkan sistem yang efektif dan tepat guna.

Prediksi: Menurut sebuah catatan Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, jumlah kebutuhan karyawan IT akan sangat meningkat hingga 2008, dengan jumlah permintaan terhadap system analyst akan meningkat sekitar 94 persen.

IT MANAGER
Sering juga disebut sebagai “IT Guru”. Di luar negeri, seorang IT manager dituntut untuk mengetahui hampir segala sesuatu mengenai sistem dan aplikasi.

Modal: Lulusan S1 Ilmu Komputer, Teknik Komputer atau Teknik Informatika, ditambah pengalaman antara 5 hingga 10 tahun.Tentunya diharapkan pengalaman selama ini mencakup pengetahuan akan bahasa pemograman, sistem jaringan, sistem database, troubleshooting, dan people skill.

Gaji per bulan: Sekitar Rp 15 juta.

Peluang saat ini: Masih jarang yang mempekerjakan IT Manager dari luar. Yang umum terjadi adalah para perusahaan mengambil sendiri orang dalam yang telah bekerja cukup lama, dan memiliki banyak pengalaman. Bisa saja ada yang memulai karirnya dari programer, beranjak ke system analyst, lalu naik ke senior analyst, barulah selanjutnya dipromosikan sebagai IT manager.

Prediksi: IT manager belum dianggap sebagai fungsi yang sangat penting dalam perusahaan-perusahaan di Indonesia. Bahkan banyak yang beranggapan pekerjaannya lebih sedikit atau lebih ringan, padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Batasan job-des untuk para pelaku IT ini di tanah air kita masih belum jelas. Jadi, seorang IT manager harus Tahu semua. Semoga 5-10 tahun ke depan batasan-batasan ini akan lebih jelas.

Web Designer & Graphic Designer
Seorang web designer bertanggung jawab atas elemen visual dan multimedia dari sebuah situs. Bekerja sama dengan programer web, mereka bertugas merancang situs baik dari segi isi maupun grafis. Seorang graphic designer dapat bekerja di luar desain situs, seperti menjadi staf artistik pada majalah atau koran.

Modal: Lulusan Diploma atau S1 bidang Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual atau Komputer Multimedia dengan pengalaman pernah membuat situs. Untuk desainer web diharuskan menguasai Flash, Photoshop, Dream Weaver, Quark X-Press, Freehand dan software pengolah gambar lainnya. Mereka pun perlu memiliki kreativitas seni yang tinggi. Idealnya, ia pun bisa bahasa programming, walaupun dalam skala kecil. Setidaknya untuk bahasa scripting. Sehingga, ia dapat mengimbangi antara ide & aplikasi.

Gaji per bulan: sekitar Rp 4 juta.

Peluang: Saat ini di Indonesia saja tercatat sekitar 190 hingga 200 situs baru yang muncul tiap minggu. Niscaya, tenaga ahli di bidang desain web tetap menjadi suatu kebutuhan.

Prediksi: Dengan semakin berkembangnya e-commerce, semakin banyak pula tenaga desainer web dan programer web yang dibutuhkan.

System Administrator/Network Administrator
Seorang system administrator bertugas menjaga keamanan & kontinuitas jaringan sistem yang digunakan, termasuk hal-hal seperti mengeset komputer agar terkoneksi ke internet, mengeset e-mail server (misal: Outlook), FTP server, DNS server. Network administrator merupakan orang yang sering ditanyai bila terjadi troubleshooting dalam jaringan.

Modal: Selain berbekal gelar sarjana (S1) atau diploma bidang Teknik Komputer/Teknik Informatika, kebanyakan perusahaan menginginkan si calon pelamar memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang networking protocol seperti TCP/IP atau Apple Talk. Pengalaman menggunakan sistem keamanan seperti firewall, VPN, atau antivirus pun penting.

Gaji per bulan: Rp 5 juta.

Peluang: network administrator sangat diperlukan, mengingat semakin banyak instansi atau perusahaan yang menetapkan jaringan dalam sistem mereka.

Prediksi: permintaan terhadap kebutuhan tenaga kerja ini stabil.

ERP CONSULTANT
Tugas intinya adalah memberi masukan atau saran akan pengembangan suatu sistem dengan software database tertentu. Tujuannya supaya perusahaan klien lebih efektif dalam melakukan pekerjaan, dengan pengeluaran yang lebih minim. Tak jarang seorang konsultan ERP (Enterprise Resource Planning) juga dituntut untuk memberi solusi pengumpulan dan pencarian data (data warehousing & data mining).

Modal: Lulusan S1 bidang Teknik Informasi atau Sistem Informasi. Yang penting adalah pernah menggunakan atau mengimplementasi sistem database tertentu, seperti Oracle atau SAP. Karenanya, terdapat bermacam-macam konsultan saat ini, seperti Oracle consultant, SAP consultant, PeopleSoft consultant, dan sebagainya.

Gaji per bulan: Untuk konsultan yang bekerja sendiri, gajinya tergantung proyek yang dikerjakan. Sebagai gambaran, untuk mengimplementasi software database untuk bisnis, sebuah perusahaan perlu membayar sekitar US$ 100.000 hingga US$ 200.000 (sekitar Rp 880 juta-Rp1,7 milyar). Perusahaan konsultasi bisnis seperti JD Edwards atau SAP sendiri juga mempekerjakan tenaga konsultan.

Peluang: Seiring semakin berkembangnya aplikasi untuk database, diperlukan tenaga konsultasi untuk memberi masukan. Sayangnya di Indonesia sendiri, karena harganya yang cukup mahal, hanya perusahaan berbasis internasional yang mengimplementasi database ERP.

Prediksi: “In the next five years”, para programer yang berhubungan dengan program-program SAP yang sedang laku keras saat ini masih akan banyak dicari.

catatan :
Peluang kerja di bidang Teknologi Informasi lainnya, yang saat ini masih banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan baik di dalam maupun di luar negeri adalah : IT Help Desk, AutoCAD Drafter, Sales, Project Manager, Computer Operator, Teknisi Komputer, WebMaster, Web Chief Editor, Web Administrator, Manager Web Content, Unix Admnistration Manager, Director Software, Java Developer, Network Manager, System Architect.

sumber : http://www.jobsdb.com/default.htm

28 Responses to “Gaji TI di Indonesia”

  1. yanto Says:

    wow,,, gile tuh gaji IT ya,,, jade pengen,,,,(seperti katak merindukan bulan hahahahahaha)

    salam kenal aja dah bro, HVC 174๐Ÿ™‚

    salam kenal juga bro… tapi buat koreksi aja bro./. gak semua perusahaan IT mengaji karyawannya seperti di atas bro..๐Ÿ˜€

  2. bee Says:

    Betul, gak semua perusahaan IT mampu menggaji karyawannya seperti di atas. Mungkin di atas itu berlaku untuk kota Jakarta, tapi belum tentu berlaku di kota lain. Tergantung lokasi perusahaan (menyesuaikan dgn UMR setempat) dan omzet perusahaan (menyesuaikan dgn laba yg bisa diraih perusahaan).

    Misal, sebuah perusahaan IT di daerah (non ibukota propinsi), jgn harap seorang yunior programmer akan dibayar 3 juta. Paling banter cuman sekitar 2 jutaan. Tapi, dgn gaji segitu hidup di daerah, rasanya udah lebih dari cukup untuk menghidupi keluarga kecil (1 ayah, 1 istri, 1-2 anak) plus cukup sisa untuk tabungan.๐Ÿ˜‰

    Bagaimanapun juga, dimanapun pekerja IT berkarya, rata2 gajinya memang lebih besar dari pekerja non-IT. Jadi, besaran di atas gak perlu dijadikan patokan mati, sesuaikan aja dgn biaya hidup dan beban kerja.๐Ÿ™‚

  3. Regina Says:

    yang berhubungan dengan dunia TI emang lagi booming2nya yah๐Ÿ˜€
    sayang bukan bidang saya hehehe๐Ÿ˜›
    seperti kata yanto: katak merindukan bulan hehehe๐Ÿ˜›

  4. Ajun Says:

    Kalo IT-nya di perusahaan pertambangan mungkin bisa lebih gede lagi yah..

  5. afre_N Says:

    Numpang lewat bos…
    Pengalaman nih temn ku Lulus Tes Untuk kerja di JPG, cerita punya cerita.. gajinya 30jt rupiah/bl,
    biaya hidup rata-rata 10-15jt rupiah/bl…
    waaaah aku jadi iri, mana dia orangnya rendah hati lagi….
    wwuuuuiiiiih keren….

  6. afre_N Says:

    Eh ya tambahan dia Lulusan IlKom kerja di Perusahaan IT, jadi buruh Coding…
    Jika di bandingn ma gajiku sebagai Pegawai Pemerintahan Daerah.. ga ada apa-apanya….
    hik hik hik

  7. ars Says:

    Bisa gak ya orang bukan IT, tapi pingin kerja di IT? Ini aku bisanya cuma Delphi&mysql ? Tapi ya sebatas bisa aja๐Ÿ˜€

  8. thevemo Says:

    Gak semua orang IT gajinya Gede, coba lihat gaji IT di Daerah…

    Tapi ya mesti di syukuri

  9. newsiapkerja Says:

    Maaf nih..tapi yang mengenai gaji IT sebenernya ga sampai sgtu.
    Smua tergantung pengalaman kerja, kemampuan kerja.
    Sy sudah 3 tahun di dunia HR dan IT nah rata2 FreshGrad yg TI max Rp.2.5 jt. Itu juga kalau hasil test dan kemampuannya bagus. Kalau nggak yah ga sampai sgtu.

    saya juga telah melakukan survey.Dikota besar seperti Jakarta gak semua orang IT gaji besar. Tergantung Perusahaan adalah pengaruh besar. Tidak semua perusahaan “sekaya” itu untuk menggaji orang-orang IT

    Berikut adalah range GAJI yang STANDAR didapatkan di perusahaan (update 2009 awal).
    Project Manager : mulai dari 5-6jt
    SystemAnalyst : antara 4 – 4.5 Jt.
    Programmer : mulai 2jt-2.5 jt.

    Jujur saja. HR di Indonesia belum cukup terbuka.
    Juga belum memiliki standarisasi gaji.
    Masih banyak perusahaan yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menggaji pegawai IT serendah mungkin.

    “Tidak semua yang anda lihat adalah benar.”

    AndyKaryady

  10. noryahya Says:

    @newsiapkerja
    benar sekali jika anda mengatakan standar gaji dipengaruhi dengan perusahaan yang menggaji. tapi setahuku, rata2 perusahaan IT di indonesia sudah besar. RATA-RATA walaupun tidak semua.๐Ÿ˜€
    dan jika melihat range gaji yang anda berikan, rasa2nya sangat kurang untuk gaji programmer.๐Ÿ˜€
    saya kebetulan juga seorang programmer..๐Ÿ™‚ nubie malahan. namun gaji yang saya terima tidak serendah itu.. malah melebihi dari range gaji Project Manager yang anda berikan (tidak bermaksud sombong),
    dan dari temen2 saya yang juga programmer, gaji tidak serendah itu..

    Mungkin anda juga harus mendapatkan data2 dari Persh yang lebih besar.. mungkin angka itu dapat membengkak..
    ๐Ÿ˜€

  11. Renny Rizaqdi Says:

    wah kerja dimana tuh mas..
    keren banged..

  12. rani Says:

    yesss….. horeeee!
    karna aku jurusan IT …
    kalo lulusan smk bisa langsung kerja gak???…
    kan pengen kuliah sambil krja jurusan IT software

  13. noka Says:

    Gaji aq kecil,cuma 1,8 dah termasuk makan+transport

    T_T
    fresh graduate 2010

  14. noka Says:

    mana hidup di jakarta tinggi lagi

  15. Ball Says:

    pengen tanya nie,,,
    nama perusahaan IT di indonesia yang terbesar apa ya???
    hehe
    ^_^

  16. Fadlika Dita Nurjanto Says:

    Kira-kira kalo freelance rata-rata per bulan brp y??๐Ÿ™‚

  17. dimas kharisma Says:

    oy, untuk lulusan d3 manajemen informatika yg bru aj lulus. nanti bekerjanya jadi apa? trus brpa salary nya? mhon jwabannya (bang nor yahya):D.

  18. Yutsyn Says:

    mas, minta alamat fb donk, ko kaga ada FB banner di blognya

  19. asbo Says:

    bisa gak perusahan besar membuka cabang di daerah2??? saya tinggal di dukuh gembrong, gaji standar jakarta / batam. mantap kan!!!

  20. dq Says:

    saya seorang programer dan sangat murah.. mungkin gaji saya hampir sama dengan pegawai pabrik.. kalo soal skill saya sudah bikin aplikasi desktop client server untuk perusahaan yg terintegrasi lebih dari 3 departement, pernah juga membuat aplikasi web untuk iklan gratis dan booking online, tapi perusahaan saya kerja cuek cuek aja tuh… dianggap biasa aja… oya buat makan aja susah๐Ÿ™‚ kayanya saya programer palink susah di Dunia… tapi kalo soal ide dan skill berani bersaing… mau apa, skalipun itu belum pernah saya coba, pasti ujung2nya selalu bisa dan slalu seperti itu… karena prinsip saya bekerja adalah belajar yang dapat menghasilkan uang… jika kita sudah menguasai ilmunya maka kita tinggal mendapatkan uangnya, tapi jika kita belum menguasai ilmunya kita tinggal belajar untuk mendapatkan uangnya… jadi gak ada yg gak bisa๐Ÿ˜€ Amin

  21. ceasar_rangga Says:

    nama PT u Apa bro?

  22. budi bong Says:

    Ada yang punya standar gaji untuk tahun 2011 gak ya ? TQ

  23. cakjuntak Says:

    GAji IT tidaklah sesuai impian Kerjaaanya kadang dianggap ada dan tidak ketika dikantor tapi IT harus bisa semua perangkat Tehnologi sehingga pekerjaaannnya jadi ALL In….Gaji awal kecil tapi percayalah kalo kita rajin dan menunnjukkan kemampuan akan menjadi bertambah…dari 1.5 jadi 2.5, jadi 3.5 jadi 5.5…..

  24. Mikael Says:

    Itu cuma teori..
    Jgn cuma menjelaskan riset”/penelitian aja..liat kenyataan di negeri sendiri dlu mas..

  25. haris Says:

    thanks gan infonya……
    sebenrnya kembali lagi ke perusahaan yang mampu bayar tinggi. Ga semua programmer bisa di pukul rata untuk jasanya. karena masing2 bhsa program itu memiliki harga jual yang berbeda untuk perusahaan.

    untuk fresh grad… bayaran kecil emang wajar… tapi setelah mereka punya pengalaman, baru deh bisa negosiasi untuk yg lebih tinggi…..

    dan menurut gw untuk profesi programmer, tingkat pendidikan ga terlalu di pentingkan(kecuali perusahaan BUMN)…. yg penting adalah skill dan pengalaman……

  26. niningss Says:

    gaji consultant SAP per bulannya nggak jelas :((

  27. gobell Says:

    bagus….bagus…….. posisi dimana sekarang?

  28. Yuyu Keju Says:

    System Administrator/Network Administrator
    gapok saya 2.420.000
    harian 20.000
    total sebulan 2.820.000 /20hari kerja
    libur sabtu & minggu ,,klo tgl merah/libur gk dihitung
    sedangkan sebulan belum hari kerja sampai 20hari
    samapi detik ini belum pernah sampai 2,8jt ya allahh.,., tambah rizki ku amin.,, :3


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: