Why so serious

Ingatkah dengan postingan saya The Dark Knight.. Inilah musuh dari sang Kelelawar Batman.. 😀

Yaa.. tampang ini yang membuat batman kewalahan agar Gotham City menjadi aman terkendali. 😀 Why so serious ??..

Posted in For Fun. 1 Comment »

Jenis Tabel MySQL

mysql> select engine from engines;
+------------+
| engine     |
+------------+
| EXAMPLE    |
| CSV        |
| MyISAM     |
| BLACKHOLE  |
| MRG_MYISAM |
| InnoDB     |
| ARCHIVE    |
| MEMORY     |
| FEDERATED  |
+------------+
9 rows in set (0.00 sec)

Akhir-akhir ini saya lagi keranjingan dengan namanya Database MySQL. 😀 Sampai-sampai whitepapernya MySQL 5.1.x saya baca untuk mengetahui lebih jauh feature apa saja yang terdapat pada database yang satu ini. Dulu, biasanya saya hanya memakainya sebatas routine, syntax, trigger, view, penyimpan data dan pendukung aplikasi yang saya buat. Sekarang, saya benar-benar tertarik untuk menggali lebih jauh dan mengenalnya. Selain pekerjaan yang juga salah satunya memakai database ini, MySQL juga database kedua yang saya kenal setelah PostgreSQL . 😀 Pada postingan ini saya ingin menjelaskan jenis-jenis tabel yang ada pada mysql versi 5 keatas. Secara garis besar, Tabel MySQL dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Transaction Safe dan Non-Transaction Safe.

  • Transaction Safe merupakan tabel yang mendukung transaksi. Dalam proses transaksi kita dapat memperkecil terjadinya kesalahan dalam pemrosesan data. Jenis tabel ini yang saya gunakan dalam penerapan aktifitas koding. Namun sayang, tabel jenis ini performa dalam hal kecepatan lebih lambat daripada jenis tabel non-transaction safe karena membutuhkan resource yang lebih banyak. Mungkin tabel jenis ini lebih memprioritaskan kapasitas/data daripada kecepatan.
  • Non Transaction Safe merupakan tabel yang tidak mendukung adanya transaksi. Garis besarnya jenis tabel ini kebalikan dari Transaction Safe. Tabel jenis ini mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan. Namun tidak ada toleransi dalam kesalahan pemrosesan data. Misalkan ada kesalahan dalam update data, maka data tersebut tidak dapat dikembalikan. Tabel berjenis MyISAM, MEMORY, ARCHIVE termasuk dalam jenis ini.

Dibawah ini adalah jenis-jenis tabel yang terdapat pada MySQL. Baik itu Transaction Safe maupun Non-Transaction Safe :

Jenis tabelnya disini.. 😀